Destinasi Wisata Air terjun Sendang Gile – Jika anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata air seperti pantai, danau, dan air terjun. Salah satu destinasi wisata air terjun yang dapat anda kunjungi yaitu Air Terjun Sendang Gile.Air Terjung sendang Gile mempunyai sejarah yang cukup menarik. Menurut mitos yang beredar, zaman dulu air terjun ini adalah Sendang Gile atau singa yang mengamuk di desa tempat air terjun berada. Ada juga kisah lain yang menyebutkan air terjun ini adalah tempat pemandian bidadari zaman dulu.

Dimana Letak  Air Terjun Sendang Gile ?

Air Terjun Sendang Gile terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letak Air terjun ini tidak jauh dari Pintu pendakian Gunung Rinjani dan Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun Sendang Gile masih berhubungan dengan Gunung Rinjani.[caption id="attachment_3645" align="aligncenter" width="795"] Destinasi Wisata Air Terjun Sendang Gile[/caption] 

Pesona Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile menawarkan pemandangan alami yang memukau. Ketika sampai ke tempatnya, pengunjung akan melihat air terjun setinggi 600 meter dari permukaan laut. Air terjun setinggi ini terbagi menjadi 2 spot air terjun.Air terjun pertama meluncur dari atas tebing ke dasar kolam yang berada di dasar tebing. Kemudian air terjun kedua mengalir dari dasar kolem ke lembah dibawahnya. Dari aliran air terjun tersebut, pengunjung akan melihat aliran sungai yang cukup panjang.Aliran sungai tersebut memiliki kualitas air yang jernih.Airnya yang dingin menyegarkan menambah rasa ingin bermain air. Sembari merasakan kesegarannya yang luar biasa. Air terjun ini cocok dijadikan spot foto yang bagus.Ait terjun yang mengalir deras memberikan suasana yang sejuk dan menenangkan. Aktivitas yang dapat pengunjung lakukan antara lain bermain air dibawah air terjun maupun sekedar berenang.Akses menuju Air Terjun Sendang Gile mengharuskan pengunjung berjalan kaki. Jadi, sangat cocok untuk anda yang menyukai petualangan alam.

Bagimana Cara Menuju ke Air Terjun Sendang Gile?

Jika berangkat dari pusat Kota Mataram, pengunjung akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 86 km dengan durasi lebih dari 2 jam. Dari Mataram ambil jalan menuju Jl. Raya Mataram hingga masuk ke Jl. Raya Bayan. Dari wilayah bayan dilanjutkan ke Senaru.Untuk menuju Air Terjun Sendang Gile, pengunjung perlu berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dari area parkir kendaraan. Untuk menikmati ke dua air terjun diperlukan waktu sekitar 45 menit berjalan kaki.

Jam Operasional

Jam operasional Air Terjun Sendang Gile yaitu pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia

Harga tiket masuk ke Air Terjun Sendang Gile yaitu Rp10.000 per orang. Jika pengunjung hendak menyewa local guide maka harus membayar sebesar Rp150.000 – Rp300.000 untuk satu orang local guide.Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Sendang Gile yaitu :
  • Area Parkir
  • Gazebo
  • Warung
  • Mushola
  • Toilet
  • Penginapan (Masih Minim)
  • Local Guide

Tips Apabila Mengunjungi Air Terjun Sendang Gile

  1. Jika pengunjung membawa bekal makanan atau barang- barang lain sebaiknya disimpan didalam tas terlebih dahulu. Jangan dulu dimakan sambil berjalan. Terlebih lagi masih dalam perjalanan menuju area air terjun. Sebab, banyak hewan liar seperti monyet.
  2. Berhati- hatilah bila melewati bekas longsor.
  3. Sebaiknya mengunjungi air terjun saat musim kemarau atau cuaca cerah.